Friday, August 18, 2017

Gisting Dipilih BPTP Lokasi Tanam Perdana Jarwo Super



Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Lampung menggelar temu lapang di Desa Banjarmanis, Kecamatan Gisting, Kabupaten Tanggamus, Rabu (7/9/2016). Pada kegiatan juga dilakukan tanam perdana kegiatan diseminasi Varietas Unggul Baru (VUB) Padi dengan Teknologi Jajar Legowo (Jarwo) Super.
Kepala BPTP Lampung, A. Arivin Rivaie, mengatakan teknologi dalam usaha peningkatan produktivitas padi terus diperbaiki dan dikembangkan. Untuk itu, pihaknya sebagai instansi di bawah Badan Litbang Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian memperkenalkan VUB Padi dengan penerapan Teknologi Jajar Legowo Super. 
Dia menguraikan Jarwo atau jajar legowo merupakan cara bertanam padi dengan jarak 2:1 atau 4:1. Teknologi Jajar Legowo Super, merupakan implementasi terpadu teknologi budi daya padi dengan lima komponen teknologi pelengkap, hasil inovasi Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian.
Dia menambahkan terdapat lima komponen teknologi Jarwo Super, yaitu VUB yaitu Inpari "30, dan Inpari-32 HDB. Kemudian dekomposer M-Deck, pupuk hayati Agrimeth dan Pemupukan Berimbang berdasarkan PUTS. Lalu pestisida nabati bioprotector, dan alsintan (alat tanam dan panen).
"Pada Jarwo Super dilengkapi dengan pemanfaatan VUB padi produk Balitbangtan dengan potensi hasil tinggi seperti Inpari 30 mencapai 9,6 ton GKG/ha, Inpari 32 HDB mencapai 8,4 ton GKG/ha," jelas dia dalam rilisnya, Rabu (7/9/2016).
Dia melanjutkan penggunaan VUB dengan Teknologi Jarwo Super diharapkan mampu meningkatkan produktivitas dan pendapatan petani. "Melalui temu lapang dan tanam perdana pada Demfarm 10 ha ini, diharapkan kita dapat secara bersama-sama melihat bagaimana aplikasi Jarwo Super secara langsung," tandasnya.

sumber: lampost.cohttp://www.lampost.co/mobile/berita-bptp-tanam-perdana-jarwo-super-di-gisting 

0 comments:

Post a Comment